Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

By Ahmad Farid →
Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana - Sebagai seorang pekerja, pastinya kau pernah mengalami yang namanya kejenuhan dan mebuatmu ingin keluar kerja sehingga kemudian kau menciptakan surat pengunduran diri. Beberapa alasannya mungkin alasannya yaitu kurang nyaman dengan lingkungan, hingga adanya beberapa konflik yang menjadikan banyak sekali hal yang kurang menyenangkan. Padahal mengundrkan diri sangat sayang sekali kalau kau melihat sulitnaya dulu melamar pekerjaan, menciptakan lamaran kerja, menciptakan daftar riwayat hidup, dan lainnya.

Dari titik ini, biasanya pekerja akan semakin terbebani dan menjadikan pekerjaan yang digelutinya akan berjalan dengan tidak lancar dan bahkan terkesan “ogah-ogahan”. Di level mirip ini, sebaiknya kau harus menetapkan apkah nantinya akan melanjutkan pekerjaan yang kau geluti dengan catatan melakukannya dengan lebih baik dari sebelumnya, atau menetapkan untuk berhenti dan mencari pekerjaan lain.

Jika memang sudah berada di level yang tidak tertahankan lagi, lebih baik kau mengundurkan diri dari pekerjaan yang kau geluti dengan cara baik-baik. Salah satu caranya yakni denganmelayangkan surat pengunduran diri terlebih dahulu sehingga tidak akan menjadikan kesalah pahaman di kedua belah pihak dan tidak sama-sama dirugikan.

contoh surat pengunduran diri

Surat pengunduran diri menjadi senjata terakhir kau demi menjaga formalitas, profesionalitas serta menjaga kekerabatan tetap baik dari daerah bekerja yang kau tinggalkan. Kemudian yang harus dicatat dari pembuatan surat pengunduran ini yaitu dimana kau berusaha untuk mengungkapkan alasan yang logis dan bisa menunjukkan kesan baik terhadap bos yang akan kau tinggalkan, contohnya jangan hingga menunjukkan alasan bosan berhenti bekerja, hal ini pastinya akan menciptakan nama baik kau tercoreng dengan gampang dan menciptakan atasan kau tersinggung dalam waktu bersamaan.

Selain mengungkapkan alasan yang terang dan disertai dengan impian yang pasti, nantinya surat pengunduran diri yang akan kau layangkan ini menjadi salah warning bagi atasan untuk segera menyiapkan pengganti sehingga nantinya perusahaan atau instansi tersebut tidak akan kelabakan ketika kau pergi.

Setelah mengetahui perihal banyak sekali hal mengenai surat pengunduran diri, alangkah lebih baiknya kalau dikala ini pekajaman akan pribadi menunjukkan banyak sekali pola kepada kau perihal surat pengunduran diri tersebut.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi


Contoh surat pengunduran diri yang pertama ini yaitu ketika kau ingin keluar dari pekerjaan yang bersifat resmi, baik itu milik pemerintah maupun swasta. Surat pengunduran diri ini harus dibentuk dengan memakai bahasa baku dan jangan hingga mencantumkan bahasa yang kurang sopan di dalamnya.

                                                                                                Trenggalek, 14 Agustus 2017

Kepada Yth,

Kepala Dinas Pendidikan Trenggalek

Jl. Raya Trenggalek, No 12


Dengan Hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya sebagai salah satu karyawan di Dinas Pendidikan Trenggalek, menurut dari ketentuan dari Surat janji Bersama perihal karyawan serta menurut pada undang-undang kerja, maka dengan segala hormat saya yang bertkamu tangan berikut ini:

Nama                         : Muhammad Fajar

Departemen               : Keuangan

Jabatan                       : Asisten Manager

Dengan ini hendak mengajukan permohonan pengunduran diri dari Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek dengan alasan harus pindah ke Kediri untuk melanjutkan bisnis dari orang tua. Surat ini dibentuk berdasar pada mekanisme kekerabatan industrial tanpa ada tendensi maksud jelek apapun. Selanjutnya, saya berharap Kamu bersedia untuk memahami permohonan ini dan menunjukkan hak-hak saya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Demikianlah surat permohonan diri ini dibentuk dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,



Muhammad Fajar

2. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi


Contoh surat pengunduran diri dari organisasi ini dibentuk untuk kau yang kebutulan menjadi salah satu pengurus organisasi, dengan alasan yang kuat, kau tidak bisa melanjutkan kepengurusan tersebut dan bertujuan untuk mengundurkan diri.

Surat pengunduran diri dari organisasi ini cukup berbeda dengan surat pengunduran diri lainnya sehingga kau harus benar-benar memahami isi suratnya supaya surat kau layak diterima.

Surat Pengunduran Diri

Sebagai salah satu anggota dari pengurus OSIS SMKN 1 Blitar, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama              : Muhammad Yamin

Jabatan           : Sekretaris OSIS

Kelas               : 8 IPA 1

Melalui surat ini, saya bermaksud ingin mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari kepengurusan OSIS SMKN 1 Blitar dengan alasan kondisi kesehatan yang kurang memungkinkan sehingga harus sering melaksanakan banyak sekali alternatif pengobatan yang menuntut istirahat cukup lama.

Oleh alasannya yaitu perihal tersebut, dengan tujuan untuk tetap menjaga jalannya roda organisasi tercinta, saya berharap ketua mencari pengganti untuk posisi yang saya tinggalkan.

Saya mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya apabila menjalankan peran di organisasi selama ini kurang maksimal dan menciptakan suatu kesalahan, baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Berikut hal-hal yang mungkin tidak berkenan di hati para anggota saya minta maaf dari lubuk hati yang paling dalam.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sadar dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Saya tetap berharap bahwa kedapannya nanti kepengurusan OSIS ini bisa lebih maju dan bertanggung jawab atas semua amanah yang diemban. Dan saya juga berharap semoga semua pihak bersedia memaklumi keadaan saya dikala ini yang terpaksa harus mengundurkan diri dari jabatan organisasi. Atas pemberian dan doanya saya mengucapkan banyak terima kasih.


Yang menyatakan


Materei 6000


3. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Bank


Surat pengunduran dari Bank ini diperuntukkan bagi kau yang dikala ini kebetulan bekerja di suatu bank dan ingin mengundurkan diri dari pekerjaan kau dikala ini. Surat pengunduran ini sebaiknya dibentuk dengan memakai pilihan kata yang baik dengan tujuan semoga pihak perusahaan bisa mendapatkan dengan baik dan menjaga kehormatan kau pribadi, meskipun alasan kau keluar yaitu alasannya yaitu bosan, usahakan kau tetap menunjukkan alasan yang logis dan bisa diterima dengan lapang dada.


                                                                                                       Surabaya, 10 Oktober 2015

Kepada Yth,

Direktur Bank Central Asia

Jl. Ahmad Yani, No 15 Surabaya


Dengan Hormat,

Bersama dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan surat pengunduran diri sebagai salah seorang karyawan di PT. Bank central Asia atas:

Nama               : Alvin Bahril Ilmi

Alamat            : Jl. KH Wahid Hasyim No 12 Surabaya

Dengan ini saya bermaksud mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang selama ini diberikan oleh pihak Bank Central Asia kepada saya untuk bekerja di Bank Central Asia yang merupakan bank nasional dengan posisi admin dalam jangka waktu kurang lebih 3 tahun.

Ucapan maaf yang sebesar-besarnya juga tak lupa saya ucapkan kepada semua pihak dan jajaran managemen Bank Central Asia. Terlebih kalau terdapat hak-hak yang kurang berkenan yang sudah saya perbuat selama bekerja di Bank Central Asia sebagai Admin.

Saya senantiasa berharap semoga Bank Central Asia semakin maju dan terorganisir dengan baik.


                                                                                                                           Hormat Saya,



                                                                                                                        Alvin Bahril Ilmi



4. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan


Contoh selanjutnya ini yaitu ketika kau kebetulan bekerja di salah satu perusahaan, di dalam surat ini kau perlu menegaskan bahasa secara kontekstual dalam pembuatannya. Pastikan juga alamat dan semua hal yang wajib dicantumkan ada didalam surat tersebut, sehingga nantinya akan menjadi lebih berkualitas dan bisa diterima oleh pihak perusahaan.


Surat Pengunduran Diri

Jakarta, 15 Juli 2017

Yth. James Rodriguez

Direktur PT. Sinar Dunia

Jakarta


Dengan Hormat,

Dengan datangnya surat ini, saya yang berjulukan Isyana Sarasvati bermaksud untuk mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari PT. Sinar Dunia sebagai Customer Service terhitung semenjak 15 Agustus 2017.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya tidak lupa saya sampaikan kepada semua pihak di PT. Sinar dunia yang telah menunjukkan kesempatan sekaligus kepercayaan kepada saya. Kemudian tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh keluarga besar PT. Sinar Dunia apabila selama bekerja di perusahaan ini saya melaksanakan kesalahan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Saya sangat berharap, ke depan PT Sinar Dunia akan lebih berkembang dan senantiasa mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,


Isyana Sarasvati

Masih banyak contoh surat pengunduran diri yang bisa kau dapatkan melalui website Pekajaman.com
Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana "