Apa Itu Email Marketing dan Penjelasan Lengkapnya

By Ahmad Farid →


Dari berbagai bentuk strategi pemasaran yang terus muncul, pemasaran email masih menjadi salah satu andalan bagi banyak perusahaan. Karena aktivitas mengirim e -mail atau e -mail dianggap efektif untuk membangun koneksi ke pelanggan.

Bagaimana bisa? Alih -alih penasaran, mari kita segera merujuk ulasan di bawah ini. Cocok untuk Anda yang berniat memulai bisnis!

Apa itu Pemasaran Email / Email Marketing?

Memahami pemasaran email / email marketing adalah salah satu strategi yang dapat memberikan dua hasil positif, yaitu membangun hubungan dengan pelanggan sambil memperkenalkan produk Anda, baik barang maupun jasa dengan jelas maupun secara rinci.

Meskipun media sosial paling banyak digunakan untuk melakukan promosi secara langsung, tetapi pemasaran melalui email sampai sekarang masih mendukung pebisnis, terutama di bidang penjualan online dalam meningkatkan jumlah pelanggan.

Sebenarnya, contoh email sama dengan ketika dia menulis surat kepada seseorang. Dimulai dengan salam, lalu paragraf awal, kemudian dilanjutkan dengan isi surat yang menunjukkan tujuannya mengirim pesan, sampai pada akhir surat ada ajakan untuk bertindak (CTA) untuk membeli atau menggunakan produk yang menawarkan .


Jenis Pemasaran Email

Rupanya, pemasaran email memiliki banyak jenis, teman, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan selama proses promosi komersial nanti. Apa jenisnya?


1. Email undangan

Seperti namanya, undangan undangan (email undangan) didedikasikan untuk memberi tahu klien yang terkait dengan acara yang nantinya akan dipegang oleh pengusaha.

Contoh email, misalnya, memiliki bisnis yang mengalami kesulitan dalam membuat situs web. Nah, rencanakan untuk merayakan seminar web yang terkait dengan situs web yang mengundang pembicara utama di bidangnya, maka Anda dapat menginformasikannya melalui undangan melalui email, teman.

Dalam email, Anda dapat menginformasikan kapan Seminari Web akan dilakukan, baik dibayar atau gratis, ke lokasi implementasi. Jika pelanggan tertarik, mereka dapat berkomunikasi langsung dengan kontak yang menyematkan undangan melalui email.


2. Email Pencernaan

Jenis email pemasaran ini didasarkan pada daftar elektronik dari daftar surat untuk menetapkan berapa banyak email pelanggan yang direncanakan dan durasi waktu pengiriman.

Contoh sederhana, dalam satu hari, ingin mengirim pemasaran email ke 10 pelanggan. Nah, nanti, Anda dapat mengatur ulang proses pengiriman email seperlunya, apakah Anda ingin mengatur per hari/minggu/bulan, dengan jumlah penerima email, itu bisa 10, 20, bahkan 100 orang per hari.


3. Buletin atau Newsletter

Memprioritaskan elemen informatif adalah karakteristik pemasaran dengan Newsletter tipe email. Memahami Buletin / Newsletter Pemasaran Email adalah pesan yang berisi beberapa jenis informasi, mulai dari promosi, rencana acara, kupon diskon, hingga penawaran produk terakhir.

Sebelum memulai email marketing sebaiknya punya email dengan domain sendiri. Jangan khawatir ada jasa pembuatan email perusahan dengan domain sendiri di google. Cari aja. 

Baca juga : 

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Apa Itu Email Marketing dan Penjelasan Lengkapnya "